Interaksi Manusia dan Komputer – Manusia
Manusia
- Pengolahan informasi pada manusia
- Informasi diterima panca indra,
- Informasi disimpan di dalam ingatan-memory
- Informasi diproses dengan berbagai cara
- Saluran Masukan-Keluaran
- Mata
- Telinga
- Hidung
- Lidah
- Kulit
- Jari-jari, tangan
- Mata
- suara
- Interpretasi Sinyal
- Manusia mempunyai jarak pandang dan ukuran obyek pandang yang terbatas. Ukuran dan kedalman pandangan manusia mengidentifikasi sebagai banyak area dari obyek pandang yang tertangkap.
- Ketajaman pandangan adalah kemampuan untuk mempersepsikan suatu benda secara detail.
- Ketajaman pandangan dipengaruhi oleh :
- kejelasan/luminance
- banyaknya kedip/flicker yang terjadi
- hue/corak:bentuk dari bermacam-macam warna dalam corak yang berbeda
- saturnation/kejenuhan/jumlah putih pada warna
Warna
- Kombinasi Warna
- Kombinasi warna yang baik
- Kombinasi warna yang kurang baik
- Aspek-aspek pemakaian warna
- Aspek psikologis
- Aspek Perseptual
- Aspek kognitif
- Hindari penggunaan warna yang tajam secara simultan
- Hindari warna biru murni pada teks
- Hindari warna berdekatan
- Atur pencahayaan. Warna terpengaruh juga dengan cahaya yang masuk
- Hindari penempatan warna merah dan hijau secara seberangan pada gambar berskala besar
- Jangan menggunakan warna berlebih2an
- Warna yang sama membawa pesan yang berbeda
- Urutan warna sesuai dengan posisi spektral
- Kecerahan dan saturnasi akan menarik perhatian
- Waspada terhadap manipulasi warna yang tidak linier pada layar tampilan dan bentuk tampilan
Sudut di mana mata bisa melihat suatu obyek ke sebelah kiri dan ke kanan terjauh
- Sudut binokuler:area di mana kedua mata mampu melihat suatu obyek dalam kondisi yang sama
- Sudut monokuler kiri: sudut di mana obyek dapat dilihat menggunakan mata kiri ke sebelah kiri paling jauh
- Sudut monokuler kanan: sudut di mana obyek dapat dilihat menggunakan mata kanan ke sebelah kanan paling jauh
- Sudut area buta, sudut di mana kedua belah mata tidak bisa melihat sama sekali
Persepsi mata terhadap gambar yang dilihat
- Illusi Muller
- Ilusi Ponzo
3 komponen suara
} pitch (frekuensi suara)
} Loudness/amplitudo (lebar/kekuatan suara)
} Timbre/kualitas suara
Timbre dipengaruhi oleh
- attach/pembangkit suara
- Sustain/penopang suara
- Decay/pengurangan suara
Sentuhan
Jenis sentuhan:
- Mechanoreceptors/panas-dingin
- Thermoreceptors/sakit
- Nocioreceptors/tekanan (baik terus menerus maupun spontan)
Otak Manusia
Fungsi Memori:
- Sensory memory/memori untuk merasakan
- iconic, memory untuk rangsangan visual
- echoic, memori untuk rangsangan suara
- haptic, memori untuk rangsangan sentuhan
- Short-term memory
- Long-term memory
- Episodic/kejadian berurutan
- Sematic/tersetruktur, merupakan turunan dari episodic
- Memori Internal/Otak Manusia
- Memori External/memori diluar otak manusia, contoh: komputer, catatan, rekaman, dll
Salah satu cara untuk melatih memori jangka panjang
Berpikir
Hal yang dimiliki manusia untuk membedakan informasi, menyelesaikan masalah, mempertimbangkan, dll
- Jenis Penalaran/proses logika
- Pemecahan masalah
Hal yang perlu diperhatikan dalam memecahkan masalah:
- Mendefinisikan masalah dengan tepat, mencakup kondisi awal dan kondisi akhir yang diharapkan
- menganalisis masalah serta mencari berbagai teknik pemecahan
- mempresentasikan pengetahuan yang diperlukan untuk menyelesaikan masalah
- Memilih teknik penyelesaian masalah yang terbaik
Keterampilan/skill didapat melalui proses yang panjang dengan melakukan latihan terus menerus, sehingga hal yang dilatih akan menumpuk di memori jangka pendek, sementara domain-domain utamanya akan berada pada memori jangka panjang.
Kesalahan
Kesalahan dapat terjadi pada orang yang terampil.
Model kesalahan:
- -slip/kesalahan yang disebabkan oleh perubahan aspek perilaku
- - missunderstanding/kesalahan dalam memahami
0 komentar:
Posting Komentar