Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Senin, 03 Januari 2011

Interaksi Manusia dan Komputer – Manusia

Interaksi Manusia dan Komputer – Manusia


Manusia
  • Pengolahan informasi pada manusia
  • Informasi diterima panca indra,
  • Informasi disimpan di dalam ingatan-memory
  • Informasi diproses dengan berbagai cara
  • Saluran Masukan-Keluaran
Saluran Masukan
  • Mata
  • Telinga
  • Hidung
  • Lidah
  • Kulit
Saluran Keluaran
  • Jari-jari, tangan
  • Mata
  • suara
  • Interpretasi Sinyal
  • Manusia mempunyai jarak pandang dan ukuran obyek pandang yang terbatas. Ukuran dan kedalman pandangan manusia mengidentifikasi sebagai banyak area dari obyek pandang yang tertangkap.
  • Ketajaman pandangan adalah kemampuan untuk mempersepsikan suatu benda secara detail.
  • Ketajaman pandangan dipengaruhi oleh :
-          kecemerlangan cahaya/brighness
-          kejelasan/luminance
-          banyaknya kedip/flicker yang terjadi
-          hue/corak:bentuk dari bermacam-macam warna dalam corak yang berbeda
-          saturnation/kejenuhan/jumlah putih pada warna
Warna
  • Kombinasi Warna
  • Kombinasi warna yang baik
  • Kombinasi warna yang kurang baik
  • Aspek-aspek pemakaian warna
    • Aspek psikologis
    • Aspek Perseptual
    • Aspek kognitif
Aspek psikologis
  • Hindari penggunaan warna yang tajam secara simultan
  • Hindari warna biru murni pada teks
  • Hindari warna berdekatan
  • Atur pencahayaan. Warna terpengaruh juga dengan cahaya yang masuk
  • Hindari penempatan warna merah dan hijau secara seberangan pada gambar berskala besar
Aspek kognitif
  • Jangan menggunakan warna berlebih2an
  • Warna yang sama membawa pesan yang berbeda
  • Urutan warna sesuai dengan posisi spektral
  • Kecerahan dan saturnasi akan menarik perhatian
  • Waspada terhadap manipulasi warna yang tidak linier pada layar tampilan dan bentuk tampilan
Sudut Visual
Sudut di mana mata bisa melihat suatu obyek ke sebelah kiri dan ke kanan terjauh
  • Sudut binokuler:area di mana kedua mata mampu melihat suatu obyek dalam kondisi yang sama
  • Sudut monokuler kiri: sudut di mana obyek dapat dilihat menggunakan mata kiri ke sebelah kiri paling jauh
  • Sudut monokuler kanan: sudut di mana obyek dapat dilihat menggunakan mata kanan ke sebelah kanan paling jauh
  • Sudut area buta, sudut di mana kedua belah mata tidak bisa melihat sama sekali
Aspek Perseptual
Persepsi mata terhadap gambar yang dilihat
  • Illusi Muller
  • Ilusi Ponzo
Suara
3 komponen suara
}  pitch (frekuensi suara)
}  Loudness/amplitudo (lebar/kekuatan suara)
}  Timbre/kualitas suara
Timbre dipengaruhi oleh
  • attach/pembangkit suara
  • Sustain/penopang suara
  • Decay/pengurangan suara
Suara yang bisa diterima manusia berkisar antara 20Hz -15 khz
Sentuhan
Jenis sentuhan:
  • Mechanoreceptors/panas-dingin
  • Thermoreceptors/sakit
  • Nocioreceptors/tekanan (baik terus menerus maupun spontan)

Otak Manusia
Fungsi  Memori:
  • Sensory memory/memori untuk merasakan
    • iconic, memory untuk rangsangan visual
    • echoic, memori untuk rangsangan suara
    • haptic, memori untuk rangsangan sentuhan
  • Short-term memory
  • Long-term memory
Jenis memori jangka panjang
  • Episodic/kejadian berurutan
  • Sematic/tersetruktur, merupakan turunan dari episodic
Memori pada HCI
  • Memori Internal/Otak Manusia
  • Memori External/memori diluar otak manusia, contoh: komputer, catatan, rekaman, dll
Belajar
Salah satu cara untuk melatih memori jangka panjang
Berpikir
Hal yang dimiliki manusia untuk membedakan informasi, menyelesaikan masalah, mempertimbangkan, dll
  • Jenis Penalaran/proses logika
  • Pemecahan masalah
Pemecahan masalah merupakan suatu proses untuk mendapatkan solusi dari masalah-masalah yang dihadapi.
Hal yang perlu diperhatikan dalam memecahkan masalah:
  • Mendefinisikan masalah dengan tepat, mencakup kondisi awal dan kondisi akhir yang diharapkan
  • menganalisis masalah serta mencari berbagai teknik pemecahan
  • mempresentasikan pengetahuan yang diperlukan untuk menyelesaikan masalah
  • Memilih teknik penyelesaian masalah yang terbaik
Keterampilan
Keterampilan/skill didapat  melalui proses yang panjang dengan melakukan latihan terus menerus, sehingga hal yang dilatih akan menumpuk di memori jangka pendek, sementara domain-domain utamanya akan berada pada memori jangka panjang.
Kesalahan
Kesalahan dapat terjadi pada orang yang terampil.
Model kesalahan:
  • -slip/kesalahan yang disebabkan oleh perubahan aspek perilaku
  • - missunderstanding/kesalahan dalam memahami

0 komentar:

Posting Komentar