Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Senin, 03 Januari 2011

Interaksi Manusia dan Komputer – Daya Guna

Interaksi Manusia dan Komputer – Daya Guna


Pendahuluan
  • }  Daya guna adalah tingkat produk dapat digunakan yang ditetapkan oleh user untuk mencapai tujuan secara efektif dan tingkat kepuasan dalam menggunakannya (iso,1998)
Attribut daya guna
  • }  Efektifitas, ketelitian dan kelengkapan di mana user mencapai tujuan
  • }  Efisiensi, sumber daya pembelajaran dalam hubungannya dengan ketelitian dan kelengkapan untuk user
  • }  Kepuasan, bebas dari ketidaknyamanan dan sikap positif dalam mengunakan produk
Faktor yang menentukan suatu sistem boleh digunakan
  • }  Efektivitas, ketelitian dan kelengkapan di mana user mencapai tujuan.
  • }  Learnabilitas, mudah untuk dipelajari oleh user baru,
  • }  Efisiensi, steady-state penampilan pengguna ahli
  • }  Memorabilitas, mudah dalam menggunakan sistem dan mengingat perintahnya,
  • }  Kesalahan, tingkat kesalahan yang kecil
  • }  Kepuasan subyektif, bagaimana sistem nyaman digunakan
Prinsip daya guna heurisitik
  • }  Dialog yang sederhana dan alami
  • }  Berbicara dengan bahasa user
  • }  Mengurangi beban ingatan user
  • }  Konsisten
  • }  Sistem timbal-balik
  • }  Jalan keluar yang jelas (fasilitas undo dll)
  • }  Jalan pintas (shortcut)
  • }  Pesan-pesan kesalahan yang baik
  • }  Mencegah kesalahan
  • }  Bantuan dan dokumentasi
Teknik daya guna siklus hidup – siklus hidup suatu daya guna
  • }  Know the user
  • }  Daya guna benchmarking
  • }  Goal oriented interaction design/desain berorientasi pada tujuan
  • }  Interactive design, dimulai dari mendesain, tes, redesain, kemudian membangun prototipe interaface (desain rancangan interface)
  • }  Followup study
Membangun prototipe
  • }  Penjelasan masalah daya guna
  • }  Prototipe di atas kertas
  • }  Kerja dari prototipe
  • }  Implementasi dari final desain
  • }  Daya guna evaluasi (inspection and testing)
  • }  Daya guna inspeksi: memeriksa interface dengan menggunakan metode heuristik dan memberikan nilai terhadap interface tersebut (tidak berhubungan dengan user)
  • }  Testing/pengujian: ujicoba kepada user
Followup studies
Suatu hal yang sangat penting berhubungan dengan data dari kinerja sistem demi perbaikan versi berikutnya, yaitu dengan melakukan:
  • }  Studi dengan wawancara
  • }  Studi pasar tentang apa kata orang tentang sistem yang digunakan
  • }  Instrumentasi software
  • }  Menganalisis keluhan user,permintaan, dan laporan dengan adanya bug
Mengenalis pengguna
  • }  Melakukan reset kualitatif
  • }  Mengklasifikasikan user berdasarkan perilaku dan variabel demografis
  • }  Identifikasi tujuan user dan attitude
  • }  Menganalisis aliran kerja dan konteks kerja
  • }  Menyusun tipikal skenario user
Riset terhadap pengguna akhir dilakukan dengan metode ethnographic interviews, yaitu melakukan kombinasi Obserasi dan wawancara

0 komentar:

Posting Komentar