Interaksi Manusia dan Komputer – Daya Guna
Pendahuluan
- } Daya guna adalah tingkat produk dapat digunakan yang ditetapkan oleh user untuk mencapai tujuan secara efektif dan tingkat kepuasan dalam menggunakannya (iso,1998)
- } Efektifitas, ketelitian dan kelengkapan di mana user mencapai tujuan
- } Efisiensi, sumber daya pembelajaran dalam hubungannya dengan ketelitian dan kelengkapan untuk user
- } Kepuasan, bebas dari ketidaknyamanan dan sikap positif dalam mengunakan produk
- } Efektivitas, ketelitian dan kelengkapan di mana user mencapai tujuan.
- } Learnabilitas, mudah untuk dipelajari oleh user baru,
- } Efisiensi, steady-state penampilan pengguna ahli
- } Memorabilitas, mudah dalam menggunakan sistem dan mengingat perintahnya,
- } Kesalahan, tingkat kesalahan yang kecil
- } Kepuasan subyektif, bagaimana sistem nyaman digunakan
- } Dialog yang sederhana dan alami
- } Berbicara dengan bahasa user
- } Mengurangi beban ingatan user
- } Konsisten
- } Sistem timbal-balik
- } Jalan keluar yang jelas (fasilitas undo dll)
- } Jalan pintas (shortcut)
- } Pesan-pesan kesalahan yang baik
- } Mencegah kesalahan
- } Bantuan dan dokumentasi
- } Know the user
- } Daya guna benchmarking
- } Goal oriented interaction design/desain berorientasi pada tujuan
- } Interactive design, dimulai dari mendesain, tes, redesain, kemudian membangun prototipe interaface (desain rancangan interface)
- } Followup study
- } Penjelasan masalah daya guna
- } Prototipe di atas kertas
- } Kerja dari prototipe
- } Implementasi dari final desain
- } Daya guna evaluasi (inspection and testing)
- } Daya guna inspeksi: memeriksa interface dengan menggunakan metode heuristik dan memberikan nilai terhadap interface tersebut (tidak berhubungan dengan user)
- } Testing/pengujian: ujicoba kepada user
Suatu hal yang sangat penting berhubungan dengan data dari kinerja sistem demi perbaikan versi berikutnya, yaitu dengan melakukan:
- } Studi dengan wawancara
- } Studi pasar tentang apa kata orang tentang sistem yang digunakan
- } Instrumentasi software
- } Menganalisis keluhan user,permintaan, dan laporan dengan adanya bug
- } Melakukan reset kualitatif
- } Mengklasifikasikan user berdasarkan perilaku dan variabel demografis
- } Identifikasi tujuan user dan attitude
- } Menganalisis aliran kerja dan konteks kerja
- } Menyusun tipikal skenario user
0 komentar:
Posting Komentar